Mengenal Lebih Dalam Makna Umroh, Ibadah yang Sering Disebut Haji Kecil

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah umroh, bukan? Ya, umroh adalah salah satu rangkaian ibadah yang direkomendasikan terhadap umat Muslim dengan persyaratan dan rukun tertentu. Lalu, apa sih hakekatnya arti umroh itu sendiri?

Umroh Menurut Bahasa
Pengertian umroh berdasarkan segi bahasa sendiri artinya berkunjung. Selain itu, umroh juga bisa diartikan sebagai suatu perbuatan mendatangi daerah yang kerap dikunjungi secara disengaja. Diartikan demikian karena ibadah umroh memang boleh dikerjakan kapan saja, tanpa ada peraturan waktu khusus seperti halnya ibadah haji yang hanya oleh dilakukan pada bulan Zulhijah setiap setahun sekali.

Umroh Berdasarkan Syariat
Apabila berdasarkan bahasa umroh artinya berkunjung, menurut terminologi fiqih dan syariah, umroh berarti mengunjungi Kota Makkah untuk melakukan ibadah (tawaf dan sai) dengan metode tertentu. Atau bisa juga diartikan mendatangi Baitullah untuk melakukan serangkaian ibadah umroh dengan syarat-persyaratan yang telah diatur.

Umroh yaitu Haji Kecil
Kita tentu sudah tak jarang membaca buku atau mendengar pidato-ceramah pemuka agama di banyak media massa, bahwa umroh juga disebut al-hajju l-ashghar (haji kecil). Sebagian hal yang demikian memang benar, sebab beberapa rangkaian ibadah dalam progres umroh ada yang sama dengan proses ibadah haji. Beberapa ini tak terlepas dari pengertian umroh berdasarkan syariat, adalah berkunjung ke Baitullah untuk melakukan tawaf, sai, dan bercukur (tahallul) demi mengharap ridho Allah.

Keutamaan Ibadah Umroh
hadis menyebutkan bahwa umroh ini sifatnya sepatutnya (boleh berkali-kali atau setidaknya dijalankan sekali seumur hidup). Adapun di antara keutamaan-keutamaan umroh yang menghasilkan ibadah ini seperti itu istimewa adalah pengampunan dosa dan diijabahnya seluruh do'a.

Baca juga pelbagai informasi mengenai paket umroh bekasi disini.